meta content='RSUAiYZeYzHoMjorFS-JraC_gKDrCrzHGV0IrYVVzSI' name='google-site-verification'/> Peranan walisongo dan metode dakwahnya di tanah jawa part 5 - Kampus Kito

Peranan walisongo dan metode dakwahnya di tanah jawa part 5


assalamualaikum wr.wb selamat datang di kampus kito disini saya sebagai admin akan berbagi ilmu kepada kawan kawan semua yaitu tentang peranan walisongo dan metode walisongo dalam mendakwahkan islam di dalam pulau jawa


Sunan Kalijaga

Peranan walisongo dan metode dakwahnya di tanah jawa part 5





     Nama asli Sunan kalijaga adalah Raden Said. Putra adipati Tuban yaitu Tumenggung Wilatikta yang sering disebut Raden Sahur, walau dia termasuk keturunan Ranggalawe yang beragama Hindu tapi tapi raden sahur sendiri sudah masuk islam. Raden said sejak kecil sudah di kenalkan dengan agama islam oleh guru agama kadipaten tuban. 
              
                   Tetapi karena melihat keadaan lingkungan sekitar yang kontra diksi dengan kehidupan rakyat jelata, maka jiwa raden said berontak. Maka dari itu Jika malam – malam sebelumnya dia sering membaca ayat suci Al-Qur’an dikamarnya maka, dia membaca diluar rumah. disaat penjaga gudang tertidur lelap, raden said mengambil hasil bumi yang ditarik dari rakyat untuk disetorkan ke majapahit. Lalu, hasilnya dibagikan kepada rakyat yang membutuhkan. Pada saat ayah handa Raden Said mengetahui kejadian tersebut maka, beliau diusir dari kadipaten.

Metode Dakwahnya

Dalam berdakwah Sunan Kalijaga dikenal sebagai :

a. Sebagai Mubaligh

          
                Caranya berdakwah sangat luwes, rakyat jawa yang saat itu banyak menganut kepercayaan lama tidak di tentang adat istiadatnya, beloiau mendekati rakyat itu dengan cara halus, bahkan dalam berpakaian beliau tidak memakai jubah melainkan memakai pakaian adat jawa yang di salin dan di sempurnakan sendiri secara islami sehingga rakyat tidak merasa angker dan mau menerimanya dengan senang hati.
               Cara berdakwah tersebut sangat efektif, sebagian besar adaipati di Jawa memeluk agama islam melalui Sunan Kalijaga. Di antaranya adipati Padanaran, Kartasura, Kabumen, Bayumas, serta Pajang ( sekarang Kotagede – Yogya).


Peranan walisongo dan metode dakwahnya di tanah jawa part 5
                                                                          (wayang kulit)

b. Sebagai ahli budayawan


               Gelar tersebut tidak berlebihan karena beliaulah yang pertama kali menciptakan seni pakaian, seni suara, seni ukir, seni gamelan, wayang kulit, beduk di masjid, grebek maulud, seni tata kota,dan lain-lain.

oke sekian dari saya apabila kawan kawan ingin memberi saran atau komentar bisa komn di bawah atau hubungi kontak di bawah ini 

e-mail  : fkpproduction106@yahoo.com